CARA TERBEBAS DIABETES SEJAK DINI #201


Obsesitas memang perlu diperangi sejak dini oleh semua kalangan. Hal tersebut bertujuan agar terbebas dari ancaman penyakit diabetes.

Merujuk pada data Sample Registration Survey 2014, penyakit diabetes dikatakan sudah menjadi penyakit pembunuh nomor tiga di Indonesia. Sementara berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), jumlah estimasi penderita diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta dan menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia.

Namun, selain mereka yang obesitas, orang yang tidak mengalami obesitas atau bertubuh kurus pun tidak dapat terhindarkan dari penyakit diabetes. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, dari Siloam Hospitals ASRI.

“Obesitas bisa menyebabkan diabetes karena terjadi penimbunan lemak yang dapat mengganggu metabolisme dalam darah. Namun, orang bertubuh kurus bisa mengidap diabetes jika tidak bisa menjaga pola makan dan kurangnya berolahraga. Hal tersebut dapat menyebabkan penimbunan gula dalam tubuh,” ungkap dr Mulyani yang ditemui Okezone seusai mengisi acara Senam Sehat Tropicana Slim, di GOR Ragunan, Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Untuk mengantisipasi penyakit diabetes, dr Mulyani mengatakan bahwa setiap orang harus melakukan pola hidup sehat. Caranya, melalui mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang, minum banyak air putih, mengonsumsi makanan dengan gula rendah kalori, hingga melakukan sejumlah aktivitas fisik, yakni berolahraga.

Selan itu, setiap orang perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah Anda terkena penyakit diabetes atau tidak.

“Penting bagi setiap orang untuk melakukan pengecekan gula darah. Sehingga dapat diketahui apakah kita menderita atau tidak. Seandainya masih pre-diabetes, maka masih bisa dicegah atau disembuhkan. Jika sudah positif diabetes, akan menjadi sulit disembuhkan,” tutup dr Mulyani.

Dikutip dari www.okezone.com

Baca juga Nasi Goreng Ikan Tongkol
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar