ARTI SIMBOL PADA PLASTIK #29


Sudahkah anda mengenal simbol dalam kemasan plastik, ada simbol segitiga yang biasanya terletak pada bagain bawah botol plastik. Simbol itu berisi angka satu sampai tujuh yang mesing-masing memiliki maskud tersendiri.

  • Segitiga Angka 1
Plastik segitiga angka 1 digunakan dalam pembuatan botol soft drink atau botol air mineral yang berarti botol tersebut hanya boleh digunakan untuk sekali pakai, karena pemakaian ulang itu dapat meningkatkan resiko bahan plastik larut dengan isi botol plastik dan resiko pertumbuhan bakteri.
  • Segitiga Angka 2
Plastik segitiga angka 2 itu biasanya digunakan untuk pembuatan tas belanja, botol susu, botol jus, dan tempat detergen. Plastik dengan angka 2 di kode recycle cukup aman untuk kesehatan, jadi masih bisa digunakan berkali-kali.
  • Segitiga Angka 3
Plastik segitiga angka 3 biasanya digunakan untuk pembuatan selang, pembungkus kabel, frame jendela dan kantong darah. Plastik angka 3 di kode recycle harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan.
  • Segitiga Angka 4
Plastik segitiga angka 4 itu digunakan dalam pembuatan pembungkus makanan atau plastik food wrap. Ini termasuk kategori plastik yang cukup aman untuk kesehatan.
  • Segitiga Angka 5
Plastik segitiga angka 5 itu digunakan sebagai bahan pembuatan botol obat, pelapis bungkus sereal, pipet dan pembungkus potato chip.
  • Segitiga Angka 6
Plastik segitiga angka 6 biasanya digunakan untuk membuat CD atau kotak video, alat-alat dapur dari plastik dan juga karton tempat telur. Jenis plastik ini sebaiknya dihindari karena bersifat karsinogenik atau dapat memicu terjadinya kanker.
  • Segitiga Angka 7
Plastik segitiga angka 7 digunakan pada pembuatan botol minum bayi dan botol pendingin air. Hati-hati dengan plastik dengan angka 7 karena BPA yang terkandung bisa larut dan menyebabkan gangguan atau kerusakan kromosom.

Kurangi menggunakan plastik dengan kode recycle yang berisi angka 1, 3, 6 atau 7. Gunakanlah yang berbahan kaca jika ingin lebih aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga Pisang Hijau vs Pisang Kuning
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar