MANFAAT PENDIDIKAN SEKS SEJAK DINI #215


Membicarakan seks pada anak seringkali dianggap sebagai hal yang tabu. Orangtua pun seolah enggan untuk menjelaskannya pada anak. Padahal saat ini pendidikan seks semakin penting untuk ditanamkan sejak usia dini.

Orangtua berperan penting dalam memberikan pendidikan seks pada anak, karena orangtua adalah role model untuk anak. Anak biasanya akan bertanya lebih dahulu pada orangtua.

"Yang paling baik dalam memberikan pendidikan seks adalah orangtua," kata dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, dalam peluncuran buku Adik Bayi Datang Dari Mana?, di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan, Selasa, 19 April 2016.

Pendidikan seks bagi anak peting untuk diberikan sejak dini, agar anak terhindar dari pelecehan seksual, mengenal tubuh lebih baik, membuat percaya diri serta menghargai diri sendiri.

Kalau orangtua masih merasa ragu, malu untuk memberikan pendidikan seks pada anak, maka buku Adik Bayi Datang Dari Mana? akan menjadi jawaban bagi orangtua.

"Buku ini bisa menjembatani gap antara anak dan orangtua, kakek pada cucunya. Orangtua bisa mengerti bagaimana ngomong pada anak supaya tidak canggung, saya yakin buku ini akan booming," tambah Boyke.

"Seks itu tidak tabu, kalau anak tidak tahu dan justru bertanya ke teman-temannya, malah jadi bahaya nantinya," kata Sinta dari Penerbit Naura.

Buku yang mulai dipasarkan minggu depan ini bisa didapatkan dengan harga Rp54 ribu, dan di dalamnya banyak terdapat pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh anak kepada orangtua, mulai dari pengenalan seks sejak dini, pubertas, hingga Isu LGBT.

Beberapa pertanyaan ini pun muncul tidak hanya dari dua penulis bukunya, dr. Boyke dan dr. Sonia Wibisono, namun juga dari artis dan ibu tiga orang anak Maia Estianty.

"Penting di era globalisasi memberikan pendidikan seks sejak dini, mereka dari kecil sudah main Internet. Bapak ibu yang kerja, anak hanya dengan suster atau pembantu. Bukan hanya penting memberi pendidikan tentang seks suster, tapi juga ke anak. Kalau malu, kasih buku ini saja ke anak. Jangan sampai mereka salah langkah," kata Sonia.

Source : www.viva.co.id

Baca juga Pertolongan Pertama Untuk Korban Tersetrum
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar